6 Strategi Sukses Toko Online

Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online? Berikut ini 6 Strategi Membuat Toko Online Sukses :

1. Desain dan Fitur Toko Online

Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda dikenakan biaya bulanan.

Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda. Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda. Berikut tipsnya :

  • Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan perpaduan warnanya.
  • Perhatiakan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah informasi yang lengkap tentang produk anda
  • Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner, dll
  • Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
  • Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi anda

2. Pelayanan Customer Service

Pelayanan Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang berbagai hal terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online anda baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga pelanggan tidak menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting diperhatikan :

  • Cepat respon pesan dari customer anda
  • Menerima saran dan masukan dari customer anda
  • Mengucapkan ‘terima kasih sudah menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
  • Mintalah maaf jika terjadi hal yang tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket sampai di alamat tujuan.

3. Foto produk yang menarik dan berkualitas

Foto produk yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut tipsnya :

  • Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
  • Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
  • Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak belakang dan tampak samping)
  • Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat loading.

4. Bangun Sistem Reseller

Reseller adalah orang yang membantu menjual produk anda dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan. Reseller bisa mendongkrak penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih sedikit tapi secara kuantitas produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal anda memberi batasan minimal order atau anda bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll.

5. Belajar Internet Marketing SEO

Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online anda di search engine.

6. Manfaatkan secara maksimal media sosial

Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi toko online anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *